Pengaruh Efektivitas Wawancara Kognitif Terhadap Kompetensi Retrieval Saksi Anak Usia Operasional Konkret
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Kompetensi retrieval pada anak dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya: (1) adanya perhatian yang cukup, (2) upaya hearing dan seeing, (3) adanya minat dan motivasi terhadap stimuli, (4) kondisi fisik dan emosi, dan (5) cara penggalian informasi. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat kemampuan retrieval anak usia operasional konkret (10-12 tahun) dalam memberikan informasi terhadap peristiwa yang disaksikannya dan (2) pengaruh efektivitas wawancara kognitif terhadap kompetensi retrieval saksi anak. Metode penelitian yang digunakan adalah desain true-experimental dengan menggunakan model rancangan post-test only control design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 orang siswa yang terpilih melalui teknik purposive sampling. Treatment yang digunakan ialah praktik wawancara kognitif yang terdiri dari empat teknik mnemonic yang berguna untuk menstimulasi anak dalam mengingat lebih banyak informasi dan lebih akurat. Pengukuran kompetensi retrieval dilakukan dengan menggunakan skala rubrik kemampuan retrieval informasi. Hasil uji statistik menunjukkan nilai rata-rata kemampuan retrieval pada kelompok anak yang diberikan wawancara kognitif jauh lebih tinggi dibandingkan kelompok yang hanya diminta menceritakan ingatannya melalui media tertulis. Kemudian, analisis data penelitian menggunakan uji Welch Test juga menunjukkan nilai yang cukup signifikan, dimana Sig. 0,012 < 0,05 yang berarti penggunaan wawancara kognitif memiliki pengaruh yang efektif terhadap kompetensi retrieval saksi anak usia operasional konkret.
Kata kunci : anak; kompetensi retrieval; retrieval; saksi; wawancara kognitif;
ABSTRACT
Retrieval competence in children is strongly influenced by several factors including: (1) sufficient attention, (2) the maximum efforts of hearing and seeing, (3) interest and motivation towards stimuli, (4) physical and emotional conditions, and 5) the method of extracting information. This experimental research aims to find out (1) the level of children retrieval competence of concrete operational stage (10-12 ages) in providing information on the events they witnessed and (2) the influences of effectiveness of cognitive interview towards the retrieval ability in child witnesses. The research method used is a true-experimental design using a post-test only control design model. The sample in this study amounted to 25 students who were selected through purposive sampling technique. The treatment used is cognitive interview practice consisting of four mnemonic techniques that are useful for stimulating children to remember more information and more accurately. The measurement of the retrieval competence is performed using rubrik scale of information retrieval ability. The result of statistical tests showed that the average value of the retrieval ability in the group of children who were given the cognitive interviews was much higher than the group that was only requested recounts their memory through written media. Then, the analysis of research data using the Welch Test also showed the significant value, where Sig. 0.012 < 0.05 which means that the use of cognitive interview has an effective effect towards the retrieval competence in child witnesses of concrete operational stage.
Keywords : children; cognitive interview; retrieval; retrieval competency; witness
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.